»

Jul 18

Sekilas tentang Kepulauan seribu Jakarta

Kepulauan seribu, siapa Anda yang tak mengenalnya?  Hampir di setiap pelajaran Ilmu Geografi, wilayah kepulauan ini hampir tak pernah luput untuk disebut dan dibahas sebagai bahan pelajaran di sekolah. Tentu saja karena keindahan dan keunikan dari wilayah gugusan kepulauan yang terdiri dari sekitar 340-an pulau ini. Mengingat begitu terkenalnya, sampai-sampai seringkali salah kaprah disebut dengan Pulau Seribu saja. Entah karena untuk memudahkan pengucapan, atau karena memang tidak tahu bahwa tak ada satupun pulau di wilayah ini yang bernama Pulau Seribu. Terlepas dari salah kaprah ini, bagi kami penduduk wilayah “Pulau Seribu”  justru merasa sangat berterima kasih, sebutan Pulau Seribu setidaknya telah membuat wilayah kami ini menjadi begitu dikenal dan diminati para pelancong dan wisatawan.

Jika Anda salah satu dari sekian banyak orang yang cukup menggemari lagu-lagu lawas, Anda akan tahu salah satu lagu Tety Kadi ciptaan A. Riyanto yang berjudul “Pulau Seribu”. Lihat Video berikut :



Liriknya seperti ini:

Waktu terang bulan,  ku pergi berlayar, pergi menuju..pulau seribu…

Pulau indah permai, dengan pemandangan, nyiur melambai…di sepanjang pantai

Ayo kawan semua, pergi ke sana, pulau seribu memikat hati…sungguh indah…

Angin sepoi-sepoi, perahu berlayar, menuju pantai,pulau seribu…

Apa yang membuat pulau Seribu yang menjadi unik dan menarik? Memiliki nama Kepulauan Seribu bukan berarti jumlahnya seribu pulau. Jumlah pulau di wilayah ini hanya sekitar 342 pulau, terdiri atas pulau-pulau berdaratan pada umumnya, pulau-pulau pasir dan terumbu karang, baik yang bervegetasi ataupun yang tidak. Jumlah pulau pasir dan terumbu karang berkisar 158 pulau. Sebagian pulau di gugusan Kepulauan Seribu berpenghuni dan didiami penduduk, namun sebagian besar lainnya adalah pulau kosong tak berpenghuni.

Keunikan dan keindahan pulau ini terutama adalah keanekaragaman hayati bawah laut dengan terumbu karang yang sangat indah dan eksotik. Maka sejak kurang lebih lima tahun terakhir ini, Kepulauan Seribu sudah mulai ramai dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Secara umum, wisata Kepulauan Seribu terbagi menjadi dua kategori: kategori pulau dengan wisata resort dan pulau dengan wisata berbasis masyarakat setempat. Pulau resort antara lain: Pulau Bidadari, Pulau Ayer, Pulau Pelangi, Pulau Pantara, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Macan dan Pulau Sepa. Pulau Wisata berbasis masyarakat antara lain: Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka dan Pulau Harapan.

Wisata Pulau Resort dikelola dengan manajemen resort yang setara dengan manajemen perhotelan, sedangkan wisata pulau berbasis masyarakat dikelola oleh penduduk setempat.  Sistem pengelolaan yang berbeda membuat perbedaan pada fasilitas dan harga.

Untuk informasi harga Pulau resort, bisa dilihat pada menu Package & Rate.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>